Konsumsi Jus Wortel Setiap Hari Apakah Baik Bagi Tubuh?

by Dec 19, 2023Kesehatan0 comments

Jus wortel telah lama dikenal sebagai minuman sehat yang kaya akan nutrisi penting. Tidak hanya segar, mengkonsumsi jus wortel juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Tidak heran mengapa banyak orang yang telah beralih ke kebiasaan minum jus wortel setiap hari sebagai bagian dari gaya hidup sehat mereka. Namun, meskipun diklaim sebagai jus sehat apakah mengkonsumsi jus wortel setiap hari benar-benar baik bagi tubuh? Mari kita simak rangkuman dari Madame Chang mengenai rincian manfaat jus wortel, takaran yang baik dalam satu minggu, serta dampak yang mungkin terjadi ketika mengkonsumsinya setiap hari, yang bisa disimak sebagai berikut.

 

Kandungan Jus Wortel

Konsumsi Jus Wortel Setiap Hari Apakah Baik Bagi Tubuh?

Jus Wortel, Sumber: Freepik

Wortel adalah salah satu sayuran yang sangat populer dan banyak digemari orang sebagai bahan utama olahan makanan  dan minuman atau sebagai pelengkap masakan. Salah satu olahan minuman sehat dari wortel yaitu jus wortel. Jus wortel mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh, termasuk gula, serat, kalium, mangan, fosfor, tembaga, serta vitamin A, B6, C, dan K. Selain itu, sayuran berwarna orange ini juga kaya akan antioksidan dan betakaroten yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

 

Manfaat Jus Wortel

Konsumsi Jus Wortel Setiap Hari Apakah Baik Bagi Tubuh?

Jus Wortel, Sumber: Freepik

 

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karoten, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin dalam jus wortel, membantu mencegah kerusakan mata akibat paparan sinar biru dalam jangka panjang. Antioksidan dari beta karoten juga berperan dalam mencegah degenerasi makula terkait usia.

 

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jus wortel juga mengandung vitamin A, vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan menjaga kekebalan tubuh tetap optimal, dapat melindungi diri dari berbagai penyakit dan infeksi. Rutin mengkonsumsi jus wortel dapat membantu tubuh kita menjadi tetap sehat dan siap melawan ancaman penyakit.

 

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dan antioksidan dalam jus wortel berperan dalam mengatur tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol, memberikan efek positif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta menjaga tekanan darah tetap stabil. Sehingga mengkonsumsi jus wortel dapat merawat kesehatan jantung serta mengurangi risiko penyakit jantung yang serius.

 

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan betakaroten dalam jus wortel dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas, menghasilkan kulit yang lebih segar dan sehat.

 

  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Dengan indeks glikemik rendah, jus wortel dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama penting bagi penderita diabetes jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

 

  • Menurunkan Risiko Kanker

Diketahui bahwa beta karoten dalam jus wortel dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker, meskipun efektivitasnya memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

  • Mengurangi Rambut Rontok

Kandungan vitamin A dan C yang ada dalam jus wortel berperan positif untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Sehingga dapat  mengurangi masalah rambut rontok, serta membuat rambut terlihat lebih tebal, bersinar, dan kuat.

 

Bahaya Wortel Jika Dikonsumsi Berlebihan

Meskipun jus wortel memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, tetap dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat, agar tidak berlebihan.  Mengingat terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A atau beta karoten hingga berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Selain itu juga disarankan untuk membuat jus wortel sendiri di rumah dengan wortel segar tanpa penambahan gula. Berikut ini merupakan beberapa bahaya wortel yang bisa dialami oleh siapa saja apabila mengkonsumsinya secara berlebihan.

 

  • Kelebihan Vitamin A

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam takaran yang tepat, vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ketika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, vitamin A dapat menimbulkan risiko keracunan hingga membahayakan kesehatan tubuh. Bahaya ini dapat meningkat jika seseorang mengonsumsi suplemen vitamin A dan juga mengkonsumsi sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin A.

 

  • Masalah Sembelit

Sebagai jenis sayuran, wortel juga mengandung serat. Dalam kadar yang sesuai, serat dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan memperlancar buang air besar. Namun, jika asupan serat terlalu tinggi, senyawa tersebut dapat menyebabkan masalah di saluran pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

 

  • Perubahan Warna Kulit Menjadi Kuning

Mengkonsumsi wortel dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan pada warna kulit menjadi kemerahan dan kuning karena kandungan beta karoten dalam wortel, yang dikenal sebagai carotenemia.Dalam dosis tinggi, beta karoten dapat menumpuk dan mengakibatkan perubahan warna kulit menjadi kuning. Meskipun demikian, kondisi kulit kuning akibat konsumsi berlebihan wortel umumnya tidak membahayakan dan bisa menghilang dengan sendirinya.

 

  • Perut Kembung

Bagi sebagian orang, mencerna wortel bisa menjadi tantangan. Keluhan perut kembung dapat terjadi, terutama jika wortel dikonsumsi dalam jumlah yang signifikan. Orang yang sulit mencerna wortel mungkin mengalami perut kembung karena produksi gas yang meningkat di saluran pencernaan.

 

  • Alergi

Penelitian yang diterbitkan dalam National Library of Medicine menyebutkan bahwa jus wortel mengandung protein penyebab alergi pada sekitar 25 persen orang dengan alergi makanan. Alergi terhadap wortel dapat menyebabkan gejala seperti pilek, gatal di mulut dan tenggorokan, ruam kulit, dan kesulitan bernapas.

 

  • Potensi Kekurangan Serat

Menurut United States Department of Agriculture, satu cangkir wortel cincang mengandung 3,6 gram serat. Namun, jumlah serat ini dapat berkurang jika wortel diolah menjadi jus. Ini berarti bahwa hanya mengandalkan jus wortel sebagai sumber utama serat mungkin tidak mencukupi kebutuhan serat harian.

 

  • Kenaikan Berat Badan

Mengkonsumsi wortel olahan dalam kaleng atau jus dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Wortel kalengan umumnya mengandung 94 kalori per cangkir, dan jus wortel olahan juga memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan wortel mentah. Konsumsi berlebihan makanan ini dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan potensialnya obesitas.

 

Dengan mengetahui berbagai risiko yang bisa saja terjadi akibat mengkonsumsi jus wortel secara berlebihan, pastikan untuk mengatur porsi konsumsi jus wortel harin dengan bijak. Disarankan untuk mengonsumsi wortel dalam batas wajar, sejalan dengan gaya hidup aktif dan sehat. 

 

Untuk memaksimalkan manfaat dari wortel, tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk jus wortel saja tetapi juga bisa dikombinasikan dengan olahan makanan lain yang tidak kalah lezat dan menyehatkan. Salah satunya yaitu Carrot Cake, kue lembut yang terbuat dari wortel asli, telur ayam kampung, dan kacang walnut yang menjadi menu spesial di Madame Chang Surabaya. Menu spesial ini hanya tersedia di akhir pekan, jadi tunggu apa lagi segera lakukan reservasi dengan menghubungi kontak Madame Chang disini untuk mengisi waktu libur dengan menikmati Carrot Cake yang lezat, lembut, dan sehat. Jika tidak ada waktu untuk keluar rumah bisa melakukan pemesanan langsung di Resto Madame Chang atau melakukan pemesanan secara online melalui Tokopedia, ShopeeFood, GrabFood, dan GoFood

Written by Madame Chang Admin

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

MC Manyar :

MC Darmo :

© 2022 Madame Chang | PT Indo Boga Setio Joyo
Dilarang menggunakan atau mengambil photo produk tanpa seijin perusahaan.
Hak Cipta Dilindungi Undang-undang. Developed by Sosiakita.