Diet Tanpa Lapar! Begini Cara Intermittent Fasting Bikin Tubuh Makin Sehat

by Apr 14, 2023Tips dan Resep0 comments

Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi keinginan banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dengan mengatur pola makan dengan diet ketat hingga rutin berolahraga.

Ada berbagai jenis diet yang populer di Indonesia, salah satunya adalah intermittent fasting. Diet puasa atau intermittent fasting adalah pengaturan pola makan dengan cara berpuasa yang berfokus pada pola makan yang dikonsumsi dalam rentan waktu tertentu. Diet puasa ini tidak membatasi jenis makanan yang dikonsumsi, melainkan membatasi waktu makan.

Metode diet intermittent fasting diklaim bisa memberikan hasil yang efektif untuk para pemula yang ingin menurunkan berat badan. Hasil studi juga menunjukkan bahwa pola diet intermittent fasting berdampak baik untuk metabolisme tubuh.

 

Manfaat Intermittent Fasting

Berikut sederet manfaat intermittent fasting selain menurunkan berat badan yang telah dirangkum dari laman Halodoc dan sumber lainnya:

  1. Menurunkan risiko diabetes
  2. Menurunkan kolesterol
  3. Mencegah penyakit kronik seperti jantung, neurodegeneratif hingga kanker
  4. Meningkatkan metabolisme hingga 14%
  5. Mengurangi ketergantungan pada makanan minuman tinggi gula
  6. Mengurangi rasa lapar yang muncul terlalu sering
  7. Mengurangi rasa cemas dan stres
  8. Mencegah makan berlebih

 

Cara Melakukan Intermittent Fasting

Untuk mendapatkan sederet manfaat tersebut, ada beberapa cara intermittent fasting yang harus dijalani. Secara umum diet tanpa lapar dengan intermittent fasting ini berbeda pada jam makan dan puasanya.

 

1. Puasa Selama 12 Jam Sehari

Cara intermittent fasting yang pertama adalah dengan menjalankan puasa selama 12 jam sehari. Pola ini sebenarnya tak jauh berbeda saat seperti menjalankan puasa di bulan Ramadan.

Pemula yang ingin diet bisa menerapkan cara intermittent fasting ini karena waktu puasa cenderung lebih cepat. Selain itu, studi mengungkapkan jika puasa sekitar 10-16 jam dapat membuat tubuh mengubah lemak cadangan menjadi energi yang kemudian membuat berat badan tubuh berkurang.

 

2. Puasa Selama 16 Jam Sehari

Pola diet intermittent fasting yang selanjutnya adalah puasa selama 16 jam sehari. Cara intermittent fasting ini disebut juga dengan metode 16:8.

Selama menjalani pola ini, kamu harus berpuasa selama 16 jam, dan 8 jam sisanya gunakan sebagai waktu makan. Metode 16:8 dapat kamu terapkan jika dirasa cara intermittent fasting 12 jam sehari tidak menunjukkan hasil yang optimal.

 

3. Puasa Selama 24 Jam

Saat terbiasa dengan metode 16:8, kamu bisa meningkatkan lagi dengan berpuasa selama 24 jam. Cara intermittent fasting ini populer dengan sebutan diet Eat-Stop-Eat yang dapat dilakukan 2 atau 3 kali seminggu.

Cara intermittent fasting dengan metode Eat-Stop-Eat ini merujuk pada hari-hari di mana kamu dapat makan seperti biasa dan diselingi puasa makan selama 24 jam. Selama berpuasa 24 jam kamu masih diperbolehkan untuk minum teh, air mineral atau minuman bebas kalori lainnya.

 

4. Puasa Selama 2 Hari Dalam Satu Minggu

Cara intermittent fasting diet tanpa lapar berikutnya adalah dengan menerapkan metode diet intermittent fasting 5:2. Kamu bisa berpuasa selama 2 hari dalam satu minggu, dan 5 hari sisanya makan sehat dalam porsi standar.

Bagi umat muslim, metode 5:2 ini sebenarnya mirip dengan puasa sunah senin kamis, di mana pada hari lainnya kamu bisa mengonsumsi makanan seperti biasa. Cara intermittent fasting tidak hanya membantu menurunkan kadar insulin melainkan juga membuat sensitifitas insulin lebih meningkat.

 

5. Puasa Alternatif

Oleh beberapa ahli menyebutkan jika puasa alternatif ini merupakan bentuk paling ekstrim dari pola diet intermittent fasting. Namun diet dengan metode ini cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Cara intermittent fasting dengan metode puasa alternatif ini berarti kamu menjalankan puasa setiap hari dengan tidak mengonsumsi makanan padat atau hanya makan maksimal 500 kalori setiap hari. Karena cukup ekstrim, metode puasa alternatif tidak tepat diterapkan untuk pemula atau orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Apapun cara intermittent fasting yang dipilih, saat menjalani pola diet hendaknya tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi dan memilih makanan sehat. Aneka menu sehat untuk diet bisa kamu dapatkan di Madame Chang.

 

Pelopor makanan sehat di Surabaya ini menawarkan berbagai makanan dan lezat dan tentunya kaya nutrisi. Lihat pilihan menu makanan sehat Madame Chang disini. Menu Madame Chang dapat dipesan secara online melalui GoFood, GrabFood atau Shopee Food.

Written by Madame Chang Admin

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

MC Manyar :

MC Darmo :

© 2022 Madame Chang | PT Indo Boga Setio Joyo
Dilarang menggunakan atau mengambil photo produk tanpa seijin perusahaan.
Hak Cipta Dilindungi Undang-undang. Developed by Sosiakita.