Makanan Ramah Lingkungan Juga Bernutrisi Tinggi? Simak Penjelasannya Disini

by Jan 31, 2024Berita Terkini0 comments

Dalam menciptakan gaya hidup sehat, pemilihan makanan memegang peran kunci. Makanan sehat memang memiliki banyak nutrisi tinggi untuk kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, tidak semua makanan sehat bersahabat dengan lingkungan. Seperti contohnya, seperti daging sapi dan domba diketahui berdampak cukup signifikan terhadap lingkungan. Dikutip dari Kompas.com, produksi daging sapi bisa menghasilkan sekitar 60 kilogram gas rumah kaca dan membutuhkan lebih dari 900 galon air. Hal ini tentunya berkontribusi besar dalam emisi gas rumah kaca dan penggunaan air yang berlebihan.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada juga makanan sehat yang juga ramah lingkungan? Berikut ini Madame Chang pembahasannya..

 

Makanan Sehat yang Ramah Lingkungan

Membahas terkait konsep makanan sehat yang ramah lingkungan, kita perlu mempertimbangkan beberapa aspek seperti sumber makanan, cara pengolahan, dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Selain itu, kriteria makanan sehat dan ramah lingkungan meliputi kandungan nutrisi yang tinggi, proses produksi yang ramah lingkungan, dan minim dampak terhadap bumi.

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan sehat yang juga ramah lingkungan:

 

1. Sayur dan Buah Lokal

Mengonsumsi sayur dan buah lokal adalah cara yang baik untuk meraih kesehatan optimal sekaligus meminimalkan jejak karbon. Pertanian lokal biasanya menggunakan metode yang lebih ramah lingkungan dan menghasilkan produk segar dengan nilai nutrisi yang lebih tinggi. Memilih sayur dan buah lokal juga membantu mengurangi emisi gas rumah kaca akibat transportasi jarak jauh dan mendukung petani setempat.

 

2. Pangan Nabati

Makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan memiliki lebih sedikit dampak lingkungan ketimbang produk hewani. Optimalisasi konsumsi pangan nabati seperti kacang-kacangan, tempe, dan tahu dapat mengurangi emisi gas rumah kaca serta kebutuhan akan lahan pertanian dan penggunaan air. Selain itu, pangan nabati juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang mampu mendukung gaya hidup sehat.

 

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, dan quinoa adalah sumber energi dan nutrisi yang baik sekaligus ramah lingkungan. Mengkonsumsi biji-bijian utuh membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, menghemat lahan pertanian, serta mengurangi penggunaan insektisida dan pestisida.

 

4. Produk-produk Ramah Lingkungan yang Sertifikasi

Produk yang ramah lingkungan dan bersertifikasi biasanya menunjukkan bahwa mereka diproduksi dengan metode yang berkelanjutan dan memberikan dampak minimal terhadap lingkungan. Sebagai konsumen, kamu bisa lebih memperhatikan keberlanjutan dalam setiap makanan yang dibeli dengan mencari label sertifikasi ramah lingkungan seperti Fairtrade, RSPO, dan Rainforest Alliance. Label- label ini menjamin bahwa produk berasal dari sumber yang berkelanjutan dan produksinya mengurangi dampak terhadap lingkungan.

 

Dengan memilih produk yang ramah lingkungan, kita dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan diri dan bumi ini. Sekarang Anda bisa memilih makanan yang tidak hanya sehat untuk tubuh, tetapi juga baik untuk bumi kita. Untuk mendukung gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, kamu dapat mencoba menu-menu makanan dan minuman sehat dari Madame Chang. Madame  Chang menghadirkan pilihan makanan dan minuman yang lezat dan sehat, dengan fokus pada bahan-bahan berkualitas dan ramah lingkungan. Yuk kunjungi sekarang Madame Chang dan rasakan manfaatnya!

Written by Madame Chang Admin

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

MC Manyar :

MC Darmo :

© 2022 Madame Chang | PT Indo Boga Setio Joyo
Dilarang menggunakan atau mengambil photo produk tanpa seijin perusahaan.
Hak Cipta Dilindungi Undang-undang. Developed by Sosiakita.