Kurangi Gejala Menopause dengan Konsumsi Adas Manis

by Nov 30, 2023Kesehatan0 comments

Fase menopause adalah fase alami dalam kehidupan seorang wanita yang seringkali diiringi oleh gejala yang tidak menyenangkan. Menopause sendiri merupakan tanda berakhirnya siklus menstruasi wanita secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause apabila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal dalam waktu 12 bulan. 

 

Tidak hanya berhenti menstruasi, saat wanita memasuki fase menopause akan mengalami banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh mereka, mulai dari kondisi psikologis, penampilan fisik, hasrat seksual, kesuburan, hingga gejala lain yang sangat mengganggu aktivitas tubuh. 

 

Perubahan yang ini biasanya terjadi secara bertahap, dan disebut sebagai gejala menopause. Masa terjadinya perubahan tersebut dinamakan masa perimenopause yang dapat berlangsung selama beberapa tahun sebelum menopause, biasanya dimulai saat usia menginjak 40 tahun. Adapun gejala menopause yang terjadi dalam masa perimenopause seperti mengalami hot flashes, perubahan mood, kesulitan tidur, peningkatan berat badan, rambut rontok,  depresi, infeksi berulang pada saluran kemih dan gangguan lainnya. 

 

Namun, ada cara alami untuk membantu meredakan gejala menopause, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi adas manis. Adas manis merupakan rempah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat kesehatan terutama untuk mengurangi gejala menopause. Lantas seperti apa saja manfaat adas manis untuk kesehatan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa Itu Adas Manis?

 

Adas manis atau bisa juga dikenal sebagai Anise dengan nama ilmiah: Pimpinella anisum, adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini berasal dari wilayah timur Mediterania dan dikenal karena bijinya yang memiliki aroma manis dan rasa yang khas.

 

 Adas manis biasa digunakan untuk kebutuhan dapur yaitu memasak, namun juga telah lama digunakan sebagai obat alternatif herbal alami untuk berbagai masalah kesehatan termasuk pencernaan dan gejala pramenstruasi. Sebuah studi baru menegaskan bahwa obat ini juga efektif dalam mengatasi gejala pasca menopause atau perimenopause, tanpa efek samping. Hasil penelitian ini dipublikasikan secara online melalui jurnal The North American Menopause Society (NAMS).

 

Manfaat Adas Manis untuk Mencegah Gejala Menopause

Penggunaan Adas manis untuk mencegah gejala menopause telah  banyak digunakan diberbagai negara. Meskipun terapi hormon sangat populer dan menjadi pengobatan yang paling efektif untuk mengatasi gejala menopause, namun tahun terakhir banyak wanita beralih ke pengobatan herbal karena mereka bukan kandidat untuk terapi hormon atau khawatir dengan potensi efek sampingnya. Sedangkan pengobatan dengan adas manis tidak memiliki efek samping. 

 

Adas manis merupakan ramuan yang mengandung minyak atsiri dan memiliki sifat fitoestrogen. Fitoestrogen adalah bahan kimia mirip estrogen pada tanaman yang telah digunakan untuk mengobati berbagai gejala menopause secara efektif. Berikut ini merupakan beberapa manfaat adas manis untuk mengurangi gejala menopause saat masa perimenopause.

1. Meredakan Hot Flashes

Salah satu gejala paling umum dalam menopause adalah hot flashes, yang bisa sangat mengganggu. Adas manis mengandung senyawa fitoestrogen, yang dapat membantu meredakan gejala ini. Fitoestrogen bekerja dengan meniru tindakan hormon estrogen dalam tubuh, membantu mengatur suhu tubuh dan mengurangi intensitas hot flashes.

Hal ini  telah dibuktikan dalam sebuah penelitian oleh Iran Journal of Pharmaceutical Research, sebanyak 72 wanita mengkonsumsi kapsul yang mengandung 330 miligram ekstrak adas manis selama tiga kali sehari selama empat minggu. Hasilnya, adas manis efektif untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan hot flashes pada wanita pascamenopause.

2. Menyokong Kesehatan Tulang

Selama menopause, kadar estrogen wanita mengalami penurunan, yang dapat berdampak pada kesehatan tulang. Adas manis mengandung kalsium dan minyak atsiri yang memiliki sifat fitoestrogen mirip dengan estrogen. Sehingga sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang. Dengan mengkonsumsi adas manis, dapat membantu mencegah kerapuhan tulang yang menjadi salah satu gejala menopause.

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Banyak wanita menopause mengalami kesulitan tidur. Adas manis dapat membantu meredakan gangguan tidur karena memiliki sifat relaksan yang dapat membantu menghilangkan stres dan kegelisahan yang seringkali mengganggu tidur.

4. Mengurangi Gejala Depresi

Beberapa penelitian menemukan, bahwa biji adas manis dapat membantu mengobati depresi. Hal ini karena terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan adanya  sifat antidepresan adas manis saat diuji pada tikus. Sifat antidepresan ini bahkan disebut memiliki khasiat yang sama dengan obat yang biasa diresepkan oleh dokter. Penelitian lain telah dilakukan terhadap 107 orang, menemukan bahwa mengkonsumsi 3 gram bubuk adas manis selama tiga kali sehari efektif dalam mengurangi gejala depresi postpartum. 

 

Cara Mengkonsumsi Adas Manis

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi adas manis, antara lain sebagai berikut:

1. Teh Adas Manis

Adas manis dapat dikonsumsi dalam bentuk teh adas manis. Cara membuat teh adas manis cukup mudah yaitu dengan merendam bijinya dalam air panas. Minum teh adas manis secara teratur dapat meredakan gejala menopause.

2. Menggunakan Bubuk Adas Manis

Selain dikonsumsi dalam bentuk teh, adas manis juga bisa dikonsumsi dalam bentuk bubuk adas manis. Caranya dengan menambahkan bubuk adas manis ke dalam makanan atau minuman sehari-hari.

3. Minyak Adas Manis

Adas manis juga bisa digunakan dalam bentuk minyak esensial. Cara penggunaanya bisa untuk pijatan aromaterapi atau ditambahkan ke pemandian hangat untuk efek relaksasi.

 

Itulah beberapa manfaat adas manis untuk mengurangi gejala menopause pada wanita. Meskipun adas manis dianggap aman dan minim efek samping, tetapi sebaiknya harus tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu menjalani masa menopause dengan lebih nyaman dan sehat.

 

Selain adas manis, peach gum juga menjadi salah satu bahan alami lain yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan dan mencegah penuaan, lho. Peach gum adalah bahan alami yang berasal dari getah pohon peach dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Madame Chang, sebagai restoran makanan sehat pertama di Surabaya menyediakan menu sehat dari peach gum. Peach gum dikenal mengandung kolagen alami yang baik untuk kesehatan kulit dan dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Mengkonsumsi rutin peach gum dapat membantu mengurangi keriput dan memberikan kulit yang lebih kenyal dan sehat.

 

Jika kamu ingin mencoba aneka hidangan sehat untuk mencegah penuaan dini seperti menu dari peach gum segera kunjungi Madame Chang sekarang juga atau bisa pesan secara langsung di Madame Chang. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera reservasi atau melakukan pemesanan dengan hubungi Madame Chang disini atau langsung kunjungi Tokopedia, ShopeeFood, GrabFood, dan GoFood untuk melakukan pemesanan secara online menu-menu menyehatkan dari Madame Chang.   

 

Written by Madame Chang Admin

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

MC Manyar :

MC Darmo :

© 2022 Madame Chang | PT Indo Boga Setio Joyo
Dilarang menggunakan atau mengambil photo produk tanpa seijin perusahaan.
Hak Cipta Dilindungi Undang-undang. Developed by Sosiakita.