Inilah 3 Inovasi Telur Tanpa Kulit, Lebih Awet Dan Praktis!

by May 26, 2023Kesehatan0 comments

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai olahan masakan. Memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan membuat telur sering kali menjadi bagian dari pola makan sehat. Umumnya, telur yang digunakan adalah telur rebus yang dapat kamu temukan pada menu salad, seperti Salad Kocok Madame Chang dan Madame Chang’s House Salad. 

 

Kandungan Nutrisi Telur

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam satu butir telur: 

  1. Protein: Telur mengandung protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk otot, tulang, dan kulit. Satu butir telur ukuran sedang mengandung sekitar 6 gram protein.
  2. Selain protein, telur juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B12, asam folat, fosfor, selenium, zat besi, dan zinc.

 

Inovasi olahan telur tanpa kulit

Meski memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, sayangnya telur tidak dapat disimpan dalam waktu lama alias mudah rusak. Untuk mengatasinya, muncul inovasi produk olahan telur tanpa kulit yang wajib kamu ketahui. Inovasi ini membuat kamu lebih mudah dalam mengonsumsi telur tanpa takut rusak meski sudah menyimpannya dalam waktu yang lama. 

1. Telur Bubuk/Tepung Telur 

Inovasi telur tanpa kulit yang pertama adalah tepung telur atau telur bubuk. Tepung telur adalah bahan makanan yang terbuat dari telur yang telah dikeringkan dan dihaluskan menjadi bentuk serbuk. Proses pembuatan tepung telur melibatkan penghilangan air dari telur, baik secara alami atau dengan menggunakan proses pengeringan.

Tepung telur umumnya tersedia dalam dua jenis, yaitu tepung telur utuh dan tepung putih telur. Tepung telur utuh terbuat dari seluruh telur yang dikeringkan, sedangkan tepung putih telur hanya terdiri dari putih telur yang telah dikeringkan.

Mengurangi risiko penyakit: Penggunaan tepung telur dapat membantu mengurangi risiko kontaminasi salmonela, yang sering kali terkait dengan telur mentah atau setengah matang. Pengeringan tepung telur membantu menghilangkan kelembaban yang diperlukan bagi bakteri untuk tumbuh.

2. Telur Cair

Telur cair merupakan produk olahan telur tanpa kulit yang terbuat dari telur ayam yang telah dipisahkan dari cangkangnya dan dikemas dalam bentuk cair. Telur cair umumnya dijual dalam botol atau kemasan plastik yang mudah digunakan. Proses pembuatan telur cair melibatkan pemisahan putih telur dan kuning telur, kemudian mereka diaduk bersama dan dipasteurisasi untuk menjaga keamanannya.

Salah satu keuntungan utama telur cair adalah kemudahan penggunaannya. Dalam bentuk cair, telur dapat langsung digunakan dalam adonan atau sebagai bahan utama dalam makanan seperti omelet, scrambled egg, atau adonan kue tanpa perlu memecah dan memisahkan telur terlebih dahulu.

Telur cair memiliki kandungan nutrisi yang serupa dengan telur utuh. Mereka kaya akan protein, vitamin B12, vitamin D, zat besi, selenium, dan nutrisi penting lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa nutrisi seperti vitamin A dan omega-3 mungkin ada dalam jumlah yang lebih rendah dalam telur cair tergantung pada proses pasteurisasi yang digunakan.

3. Telur Beku

Telur beku adalah produk telur yang telah diolah dan dibekukan untuk memperpanjang umur simpannya. Proses pembuatan telur beku melibatkan pemisahan putih telur dan kuning telur, kemudian mereka diaduk bersama atau diproses secara terpisah sebelum dibekukan. Telur beku umumnya dijual dalam bentuk blok atau kantong yang dapat diambil sesuai kebutuhan.

Salah satu alasan utama menggunakan telur beku adalah untuk memperpanjang umur simpan telur. Telur beku dapat disimpan dalam freezer untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan telur segar dalam keadaan cair. Ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan telur dan mengurangi risiko pemborosan.

 

Kandungan Omega-3 dalam Telur

Telur memiliki kandungan omega-3 yang diperkaya dengan asam lemak omega-3, terutama asam lemak omega-3 jenis DHA (asam dokosaheksaenoat) dan EPA (asam eikosapentaenoat). Biasanya, ayam yang dipelihara dengan pakan khusus yang mengandung sumber omega-3 seperti biji rami atau alga laut menghasilkan telur dengan kandungan omega-3 yang lebih tinggi. Kandungan omega-3 memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, sebagai anti inflamasi, menjaga kesehatan mata, dan pengembangan otak sert fungsi kognitif.

Madame Chang menyediakan menu sehat yang berbahan telur omega-3 yang lezat. Kamu bisa mengonsumsi telur pada menu berikut ini: Madame Chang Rice, Spicy Minced Chicken, dan MC Kimchi Cold. Siapa bilang makanan sehat tidak memiliki rasa yang nikmat? Yuk, segera pesan menu sehatmu di Madame Chang sekarang juga!

Written by Madame Chang Admin

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

MC Manyar :

MC Darmo :

© 2022 Madame Chang | PT Indo Boga Setio Joyo
Dilarang menggunakan atau mengambil photo produk tanpa seijin perusahaan.
Hak Cipta Dilindungi Undang-undang. Developed by Sosiakita.